Jelang Pilgub 2018, Komisi A DPRD Jateng Terjun Ke Klaten

nampak serius, rombongan Komisi A DPRD Jateng saat mengunjungi Klaten, Senin (28/8) siang

carakanews.com/Klaten- Guna memantau persiapan pembuatan Administrasi Kependudukan terkait Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP4) untuk ajang Pilkada serentak 2018 mendatang, rombongan Komisi A DPRD Jawa Tengah kunjungi Pemerintah Kabupaten Klaten, Senin (28/8/2017) siang.

Sekretaris Komisi A DPRD Jateng, Ali Mansyur mnjelaskan, pantauan terus dilakukan agar tidak ada masalah dalam pelaksanaan Pilgub 27 juni yang akan datang. Menurutnya, salah satu permasalahan pada Pilkada langsung, salah satu objek sengketa yang sering terjadi adalah data pemilih.

“ Kalau data pemilih sudah valid, Insyaaaloh akan meminimalisir gugatan-gugatan hukum,” ujar Ali Mansyur seusai mengikuti acara yang di gelar di Gedung B Pemkab Klaten.

Berharap Pilgub Jateng berjalan baik, bank data valid dan proses demokrasi berjalan lancar, Ali Mansyur menegaskan, Komisi A selalu menekankan Khususnya bagi pemilih pemula untuk terjamin haknya.  Jangan sampai pemilih pemula kehilangan haknya gara-gara tidak terproses di pendataan tersebut.

“ Walau DP 4 dari pusat tapi sumbernya dari bawah, karena itu kami tekankan pada Disdukcapil. Jangan sampai juga ada pemilih ganda,  DP 4 menjadi penting untuk ada pembersihan-pembersihan data ganda,” tambah Ali.

Sementara itu, Sekretaris Disdukcapil Kabupaten Klaten, Utami Setyaningsih menjelaskan, pendataan di Klaten sudah diupayakan dengan maksimal, misalnya dengan cara jemput bola yaitu dengan  melakukan perekaman di Kecamatan dan Dinas. Dan apa yang menjadi kendala di kabupaten sudah kami sampaikan, misalnya mobil pelayanan keliling yang tidak memadai.

Untuk pemilih pemula atau pelajar yang belum terdaftar, pihaknya akan terus bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Klaten.

“ Kita sudah data pemilih pemula dan kami sampaikan ke Dinas. Dinas Pendidikan juga merespon baik dengan mengijinkan siswanya untuk perekaman,” jelas Sekretaris Disdukcapil saat ditemui usai acara.

telah dibaca: 1047 kali

Bagikan di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *