Kunden Kampung Kreatif Pengrajin APE di Klaten

Beberapa pengrajin sibuk mengerjakan balok mainan

carakanews.com/Klaten-Melintasi jalan raya Pedan- Cawas, tepatnya di daerah Kunden, Jetis wetan, Pedan, mata kita akan terpapar dengan keindahan warna warni aneka permainan yang di pajang sepanjang kiri kanan jalan.

Berbagai macam permainan anak, mulai dari manik-manik hingga ayunan dan perosotan tersedia di kampung kreatif pengrajian mainan edukasi ini. Mayoritas penduduknya mengantungkan penghasilan dari usaha pembuatan mainan dan pemasar Alat Peraga Edukasi (APE).

Ada sebanyak 150 jenis produk mainan yang dihasilkan oleh warga Kunden, tak hanya untuk pemenuhan kebutuhan local, APE produk dari Kabupaten Klaten ini sudah merambah keberbagai daerah di luar pulau Jawa.

Keberadaan APE mampu bertahan di tenggah derasnya arus perkembangan mainan anak, APE sendiri merupakan salah satu alat Pendidikan dalam merangsang tumuh kembang anak di lingkungan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Taman Kanak-Kanak (TK).

“Selama ini kami bisa berkembang dan tetap eksis karena produk kami merupakan kebutuhan di lingkungan pendidikan” ujar Tunjung, warga Kunden, yang merupakan salah satu pemasar APE. Lebih lanjut Tunjung memaparkan pesanan Alat Peraga Edukasi bukan hanya dari wilayah Klaten akan tetapi juga berasal dari luar daerah dan ssakan mengalami lonjakan saat memasuki tahun ajaran baru.

“Pesanan tidak hanya dari daerah sini, banyak juga yang mendapat order dari luar pulau jawa ketika memasuki tahun ajaran baru” imbuhnya.

Dari keterangan pengrajin, pesanan di luar pulau jawa di peroleh dari beberapa warganya yang mengembangkan usaha pemasarannya di luar pulau jawa dengan membawa beberapa rekan sebagai pemasar untuk mencari order secara dor to dor, selain itu promosi untuk luar daerah juga di lakukan melalui internet, baik melalui web maupun media sosial.

“Banyak warga di sekitaran Pedan yang keluar pulau jawa untuk memasarkan produk dari sini, tak sedikit pula pesanan dari luar daerah di order melalui internet” papar Mulyono, pengrajin APE yang sudah menekuni usahanya sejak 8 tahun silam.

Perjalanan masyarakat Kunden, Jetis Wetan, Pedan dalam mengembangkan usaha sebagai kampung pengrajin APE tentunya mengalami berbagai kendala, namun seiring berjalannya waktu berbagai permasalahan tersebut dapat teratasi, dan kini menjadi salah satu kampung yang memiliki UMKM yang berbeda dari ratusan kampung yang ada di wilayah pemerintahan Kabupaten Klaten.

Kepedulian pemerintah daerah dalam mengangkat produk UMKM masyarakat Kunden tentunya dibutuhkan, baik dari sector pengembangan usaha  berupa permodalan  maupun pemasaran yang lebih luas dari saat ini. Sehingga masyarakat dapat merasakan hadirnya pemerintah dalam mendukung peran serta masyarakat menuju Klaten Maju Mandiri dan Berdaya Saing.

telah dibaca: 3312 kali

Bagikan di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *