Selain Diperbaharui, KK Juga Harus Ditandatangani

Kabid Administrasi Kependudukan Disdukcapil Klaten, Sri Hartanto

carakanews.com/Klaten- Kepala Bidang Administrasi Kependudukan Disdukcapil Klaten, Sri Hartanto berharap masyarakat memperbaharui Kartu Keluarga (KK) yang terbit sebelum tahun 2012. KK yang terbit sebelum tahun 2012 harus diperbaharui karena belum masuk data Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK).

Sri Hartanto mencontohkan, bagi warga yang sudah menikah dengan memiliki buku nikah atau tercatat di negara maka akan ditulis status nikahnya sebagai ‘kawin tercatat’. Karena pada kolom penambahan status nikah pada KK akan lebih detil lagi, yaitu memuat nomor dan tanggal surat nikah. Sementara untuk anak juga dilengkapi nomor dan tanggal akta keahiran.

” Syarat untuk memperbaharui KK agar bagus dan lengkap adalah dengan membawa KK asli, foto kopi Surat Nikah kepala keluarga, foto kopi akta kelahiran semua anggota beserta golongan darah. Itu semua kalau sudah dilengkapi, data yang bersangkutan sudah valid sehingga untuk mengurus layanan publik lainnya akan singkron atara KTP dan KK,” jelas Sri Hartanto saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (13/02/2019) siang.

Hartanto menambahkan, untuk menyatakan bahwa KK itu sudah betul datanya maka pihak Kepala keluarga juga harus menandatangani KK yang dimaksud karena kepala dinas juga sudah tanda tangan berstampel.

“Karena ketika nanti mau mengurus legalisir dan KK itu tidak ditandatangani kepala keluarga, akan kami tolak. Karena kami anggap Kepala Keuarga tidak menyetujui data-data yang ada di KK tersebut,” pungkasnya.

telah dibaca: 583 kali

Bagikan di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *