Lagi, Pemkab Klaten Anggarkan Ratusan Juta Untuk Pasar Buah Sungkur

Pasar Buah Sungkur, Klaten

carakanews.com/Klaten- Meski baru dibangun dan belum sepenuhnya terpakaiDinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM (Disdagkop) Klaten berencana menambah kios baru di Pasar Buah Sungkur. Awalnya, pasar tersebut dibangun untuk menampung pedagang yang sebelumnya berjualan di trotoar Jalan Bali. Total pedagang di Jalan Bali tercatat sekitar 78 orang, sementara saat ini Pasar Buah Sungkur baru memiliki 48 kios.

Setelah itu, rencananya ada sekitar 32 kios yang akan dibangun lagi dengan total anggaran yang disiapkan sekitar Rp 400 juta.

Kepala Disdagkop dan UMKM Klaten, Bambang Sigit Sinugroho mengatakan pembangunan kios baru akan dilakukan pada tahun 2019. Saat ini tahapannya masih dalam persiapan di Bagian Layanan dan Pengadaan (BLP) serta kemudian segera masuk dalam tahap pelelangan.

” Kita tambah lagi kiosnya pada tahun ini. Karena saat ini kios yang ada masih belum cukup untuk menampung pedagang pidahan dari Jalan Bali. Untuk pagu anggarannya sendiri sekitar Rp 400 juta,” ujarnya, Jum’at (28/06/2019).

Lebih lanjut disampaikan, pembangunan 32 kios itu akan menggunakan lahan yang berada di samping bangunan utama pasar dengan ukuran masing-masing kios 1,5 meter X 2 meter. Sembari menunggu pembangunan, pedagang yang belum memiliki kios bisa memanfaatkan lahan sementara.

” Jika yang belum punya kios bisa menempati lahan sementara dulu di samping pasar. Nanti juga kios yang baru sudah jadi bisa langsung ditempati, memang prosesnya bertahap. Namun kami usahakan tahun ini segera dibangun dan ditempati,” tambahnya.

Disinggung keluhan pedagang perihal belum adanya rolling door di kios pasar, Bambang mengaku para pedagang tetap bersabar. Sebab pihaknya juga sudah mengajukan anggaran Rp 200 juta melalui APBD Perubahan 2019 untuk pengadaan pintu. Termasuk melengkapi petugas keamanan.

” Sudah kita anggarkan juga, bahkan sekalian petugas keamanannya. Sehingga para pedagang tidak perlu khawatir lagi kalau nanti barang dagangannya ditinggal. Namun sementara ini bisa menggunakan almari sendiri dulu,” pungkasnya.

telah dibaca: 1514 kali

Bagikan di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *