Lagi…Ikan-ikan Di Kolam Warga Tlogo Mati

Nampak seorang pembudidaya Ikan mengeluarkan ikan-ikan yang mati dari kolam di Dukuh Pamukti Baru, Desa Tlogo, Kecamatan Prambanan

 

carakanews.com, Prambanan- Pil pahit kembali harus ditelan para pembudidaya ikan di Dukuh Pemukti Baru, Desa Tlogo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten. Sabtu pagi (21/12/2019) ikan-ikan di kolam milik H. Ngatijo yang dibudidaya di samping aliran sungai ditemukan mati.

Sutarjo, salah satu pembudidaya ikan menjelaskan, dulu peternak ikan lainnya mengalami hal serupa yakni banyak ikan di kolam yang mati. Mereka juga memanfaatkan air dari saluran Borongan.

“Tadi pagi saya dan Pak Trimo kaget karena melihat konidisi air di kolam Pak Haji Ngatijo nampak berwarna putih. Semakin mendekat, terlihat ikan-ikan mengapung tak bernyawa. Sepertinya Pak Haji Ngatijo semalam lupa tidak menutup kolam ,” ujar Tarjo, Sabtu (21/12/2019) siang.

Sutarjo menambahkan, selama ini air yang sebelumnya bening masih berubah keruh. Air kembali bening saat dini hari. Karena itu, ia dan beberapa rekan pembudidaya ikan lainnya selalu menutup saluran air sore hari setelah waktu Ashar. Biasanya pada waktu-waktu itu air mulai berubah warna. Kemudian dibuka lagi pagi atau setelah memastikan air tak lagi keruh.

” Biasanya setiap selepas Ashar, teman-teman menutup saluran air dari sungai yang masuk ke kolam-kolam. Tapi kemarin Pak Haji lupa tidak menutupnya. Dari kolam Pak Haji ditemukan ikan mati sekitar 60 Kg.” tambah Sutarjo.

Sutarjo dan teman-temannya mengaku bingung harus bagaimana lagi. Bahkan sekira setahun yang lalu kolam-kolam ikan juga sudah ditinjau petugas dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten dan Propinsi.

telah dibaca: 327 kali

Bagikan di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *