Sempat Viral, Pelaku Pencurian Gereja Maria Asumta Klaten Dibekuk

Wakapolres Klaten Kompol Zulfikar Iskandar berikan keterangan pers di Mapolres Klaten

carakanews.com / Klaten – Usai menjadi pergunjingan netizen atas aksi pencurian yang dilakukan di Gereja Paroki Santa Maria Assumpta pada Minggu (05/01/2020) lalu yang sempat terekam cctv, Henry Syurianta (49) warga Cikarang, Kabupaten Bekasi berhasil dibekuk Satreskrim Polres Klaten.

Dalam keterangan pers, Wakapolres Klaten Kompol Zulfikar Iskandar menjelaskan, Pelaku masuk ke kamar romo yang saat itu tidak terkunci. Dari kamar tersebut pelaku berhasil menggondol satu dompet, lima amplop, dan satu HP serta uang tunai senilai Rp 25 juta. Pelaku berhasil ditangkap di wilayah Malioboro, Yogyakarta pada Selasa (07/01/2020) malam.

“ Berdasarkan rekaman kamera CCTV, petugas kemudian melakukan penyelidikan. Petugas juga mendapatkan informasi dari salah seorang tukang ojek yang mengantar pelaku bahwa posisi pelaku berada di Yogyakarta. Dari keterangan sejumlah saksi, pelaku juga sering berkeliaran di sekitar Malioboro karena juga berprofesi sebagai pedagang pakaian,” jelasnya.

Dari hasil pendalaman, pelaku juga merupakan residivis kasus serupa. Pelaku juga dikenal sebagai pencuri spesialis gereja dan mengaku  pernah beraksi di salah satu gereja di Kecamatan Delanggu.

Sementara saat ditanya awak media, Henry mengaku nekat melakukan aksinya lantaran untuk mencukupi kebutuhan sehari- hari dan sebagai modal usaha. Sebagian uang hasil curiannya diakui juga sudah dibelanjakan pakaian untuk dijual kembali.

“Saya mengaku salah dan siap menerima hukuman,” ucapnya singkat.

Atas perbuatannya, kini pelaku yang juga merupakan residivis kasus serupa tersebut harus mendekam dibalik jeruji besi dengan jeratan Pasal 362 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman lima tahun penjara.

telah dibaca: 604 kali

Bagikan di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *