Bambang Suprobo : Iya, Memang FKDM Klaten Ada Kaitannya Dengan Politik

carakanews.com/Klaten- Hal itu disampaikan Drs. Bambang Suprobo, Msi seusai acara Pengukuhan Pengurus Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kabupaten Klaten yang digelar di Pendopo Pemkab Klaten, Selasa (15/09/2020) pagi.

Pengukuhan tersebut berdasarkan SK Bupati Klaten Nomor 220/127 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Keputusan Bupati Klaten Nomor 220/704 Tahun 2019 tentang Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat Kabupaen Klaten Masa Bakti 2019-2024.

“Kaitan FKDM dengan perpolitikan Pilkada Klaten yaitu kaitan tupoksi kita. Karena situasi perpolitkan di Klaten kita juga tau. Kaitan dengan politiknya ada, tapi kaitan dengan politik praktisnya kita tidak ada. Sebagai pemantau situasi agar tetap kondusif, FKDM Klaten juga harus peka terhadap isu-isu politik di Klaten,” tambahnya.

Bambang menambahkan, pengukuhan hari ini merupakan bentuk keseriusan Pemkab Klaten dalam rangka melibatkan kami dari berbagai kalangan masyarakat untuk terlibat langsung melakukan segala tindakan antisipasi atau deteksi dini dari dari isu konflik yang terjadi di masyarakat, melakukan konfirmasi dan memeberikan laporan serta rekomendasi, agar tidak menjadi konflik.

” Pembentukan FKDM mulai tingkat propinsi, kabupaten/kota, kecamatan sampai tingkat desa adalah untuk membantu instrumen negara dalam menyelenggarakan urusan keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat melalui upaya deteksi dini terhadap potensi dan kecenderungan ancaman yang terindikasi konflik serta gejala atau peristiwa bencana,” tambahnya.

Sementara itu, Bupati Klaten, Sri Mulyani menyampaikan bahwa pelantikan ini merupakan langkah awal untuk memberikan karya nyata dalam upaya menjaga dan memelihara kewaspadaan dini di Kabupaten Klaten.

Sebagai informasi, FKDM terbentuk atas dasar Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 46 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2018 tentang Kewaspadaan Dini di Daerah.

telah dibaca: 346 kali

Bagikan di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *