Dampingi warga Gledeg, KKN UNS Berikan Trobosan Pemasaran Dan packaging Produk UMKM

Penulis – Mitha Sinayang (Kelompok KKN UNS 03) 

Carakanews.com – Klaten –  Kelompok 03 KKN UNS menciptakan inovasi baru bagi UMKM “Eco Roso” Desa Gledeg, Kecamatan Karanganom Kabupaten Klaten. mendukung pemulihan perekonomian warga akibat pandemi Covid-19. Seperti halnya yang telah dilakukan oleh Kelompok Pokja 2 Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Gledeg  yang mengembangkan UMKM bernama Eco Roso. Eco Roso merupakan UMKM yang memproduksi minuman sehat dari rempah tradisional dengan 3 varian yaitu jahe, kunyit dan temulawak.

Produk Eco Roso ini merupakan produk olahan rumahan dengan bahan-bahan asli dan alami yang telah terjamin halal.  Bentuknya yang berupa serbuk memungkinkan produk ini bertahan lama meski tanpa bahan pengawet. Selain itu, produk Eco Roso juga tidak menggunakan pemanis buatan sehingga aman dikonsumsi dan baik untuk kesehatan.
“Produk ini bisa tahan sampai 3 bulan” jelas Dwiyati, salah satu penndiri UMKM Eco Roso.  Dengan harga yang terjangkau serta produk yang praktis dan banyak manfaat untuk kesehatan membuat produk ini berpotensi untuk dipasarkan secara lebih luas. 
Gebrakan inovasi dihadirkan oleh Kelompok 03 KKN UNS dengan memperbaharui packaging produk agar lebih menarik bagi pembeli serta melakukan pemasaran secara digital guna memperluas aspek pemasaran penjualan produk. 
Inovasi ini dilakukan mengingat sebelumnya pemasaran produk Eco Roso hanya dilakukan ke warga sekitar Desa Gledeg. Mahasiswa KKN melihat potensi produk Eco Roso yang masih bisa dimaksimalkan mengingat produk-produk minuman kesehatan sejenis saat pandemi sangat banyak diminati. Pemasaran secara digital perlu dilakukan untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Salah satunya dengan mulai membuat akun media sosial bagi UMKM Eco Roso. Kini katalog dan pemesanan produk bisa dilakukan melalui Instagram @ecoroso.gledeg.
Mengingat kondisi covid varian baru omicron yang makin meningkat kasusnya,  produk minuman Eco Roso menjadi salah satu solusi yang bisa dipilih untuk menjaga kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan produk Eco Roso hadir dengan sejuta manfaat alami dari jahe, kunyit dan temulawak untuk menjaga stamina dan imun tubuh . Diharapkan inovasi yang dihadirkan Kelompok 03 KKN UNS mampu membuat Produk UMKM ‘Eco Roso” Desa Gledeg makin dikenal di dalam maupun di luar wilayan Klaten. 

telah dibaca: 13 kali

Bagikan di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.