Berawal Dari Usaha Sampingan, Estiana Kini Menjadikan Olahan Kulit Melinjo Sebagai Usaha Utama

Carakanews.com – Klaten – Kepekaan dan kejelian sangat dibutuhkan dalam membangun usaha, selain itu, kegigihan dalam menjalankan usaha juga menjadi faktor penting agar usaha yang dirintis itu bisa bertahan dan menghasilkan cuan.

Seperti yang dilakukan oleh Estiana, (36) Sajen, Trucuk, Klaten. Ia melihat potensi dari melimpahnya kulit melinjo hasil sisa olahan emping disekitarnya untuk menjadi salah satu produk makanan yang bisa mendatangkan pendapatan tambahan untuk keluarganya.

Tak disangka, kegigihan dan keuletan Estiana dalam membangun usaha berbahan dasar kulit melinjo yang semula hanya untuk usaha sampingan itu kini menjadi salah satu sumber penghasilan utama bagi keluarganya.

“Permintaan olahan kulit melinjo saya, tidak hanya untuk pasar lokalan saja tapi sudah sampai ke Jogya dan Jawa Timur” ujar Estiana saat ditemui dikediamannya.

Dengan semakin bertambahnya pasar untuk kulit melinjo goreng, kini Estiana mempekerjakan beberapa ibu-ibu di lingkungannya untuk membantu pengolahan dan pengemasan produk usahanya.

“Saat ini saya dibantu tiga orang ibu-ibu untuk pengolahan dan pengemasan produk, sedang untuk pengiriman luar kota, kadang kita kirim terkadang diambil sendiri oleh pembeli” terang Estiana.

Usaha yang dirintis sejak tahun 2018 itu sudah memiliki NIB serta P-IRT sebagai kelengkapan kelayakan usaha sesuai anjuran pemerintah.(ADM**)

telah dibaca: 6 kali

Bagikan di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.